Tuesday, January 23, 2007

kita harus memilih


Di antara banyaknya berbagai pilihan yang coba ‘tuk kita tentukan, adakah penentuan itu cuma penghambat pikiran kita tatkala rasanya kita tak bisa memilih yang terbaik untuk kita.

Janganlah memutuskan sesuatu tanpa jauh melihat ke depan karena jalan esok adalah awal kita melangkah hari ini. Kita tak mesti memotong jalan ataupun mencoba jalan pintas karena kadang ketersesatan itu datangnya begitu mudah. Karena itu lalui saja jalan-jalan biasa dalam mencapai tujuan.

Ketenangan dalam bertindak adalah cahaya untuk mengintip rambu-rambu dalam hidup ini. Dan kecermatan dalam membaca tanda-tanda itu adalah jembatan menuju penyeberangan jiwa di mana ego dan kedewasaan ‘kan menjadi sesuatu yang penting kala di mana kita bisa untuk menjaga dan memanfaatkannya.

Memang setiap kita mempunyai kekurangan, karena tidak ada manusia yang sempurna. Namun kitapun di beri kelebihan, talenta-talenta untuk mengikis kekurangan kita. Jika kita dapat memanfaatkan kelebihan kita niscaya segala kekurangan lambat-laun akan tersingkirkan, namun jika kita mengabaikan kebihan kita, percayalah kekurangan itu akan semakin nyata.

Dan untuk itu kita harus memilih.

Kampus Limau Manis, 21 Agust 01

No comments: